Keluarga

Tips Membangun Kedekatan Ibu Dan Anak Sejak Dini

Kedekatan ibu dan anak bisa dibilang merupakan hal yang ingin dibangun oleh hampir semua para ibu. Terkecuali dalam kasus-kasus tertentu, para ibu pasti ingin memiliki hubungan kedekatan yang baik dengan anak. Namun, terkadang yang menjadi hambatan adalah tidak diketahui cara yang paling tepat untuk melakukan hal ini. Bahkan terkadang, tindakan yang bertujuan ingin mendekatkan ibu dengan anak memberikan efek yang terbalik. Ini merupakan sebuah probelmatika yang sangat disesalkan. Karena pada dasarnya, untuk menjaga kedekatan ibu dengan anak, juga sangat penting untuk melihat dari sudut pandang anak itu sendiri, bukan dari sudut pandang keinginan sang ibu saja.

republika.co.id

Pentingnya Menjaga Kedekatan Hubungan Ibu Dan Anak

Menjaga kedekatan ibu dan anak sebenarnya merupakan problematika yang sangat penting. Bila seorang ibu memiliki hubungan yang dekat dengan anak, berbagai hal akan bisa dilakukan. Diantaranya mengetahui kondisi anak dengan lebih baik, memberi pengarahan paling efektif, menjaga perkembangan anak agar tidak berada pada jalan yang salah, dan masih banyak lagi. Dalam melakukan hal ini, memberi tuntutan, nasehat, dan memarahi anak saja tidak akan efektif tanpa adanya kedekatan hubungan. Untuk bisa membantu menata masa depan anak dan membantu memberi pengarahan, dibutuhkan kedekatan hubungan yang baik agar bisa memberi dampak efektif. Dalam hal ini, linkvazi distributor gizidat linkvazi memberi tips untuk anda para ibu.

Tips Cara Membangun Dan Menjaga Kedekatan Ibu Dan Anak

  • Menghabiskan Waktu Santai Bersama

Dengan menghabiskan waktu santai bersama, kedekatan bisa dengan mudah dijaga. Pada waktu santai bersama, anda juga bisa mengajak anak melakukan obrolan ringan namun juga sesekali memberi masukan, nasehat, dan lainnya.

  • Menemani Ketika Anak Belajar

Menemani anak ketika belajar dapat membantu mengajar dan mengarahkan anak. Selain itu, menghabiskan waktu bersama ini cukup efektif menjaga kedekatan.

  • Menemani Ketika Anak Bermain

Menemani anak ketika bermain membuat anak merasa lebih dekat dengan ibu. Apalagi, saat menemani anak bermain, ibu bisa juga mengarahkan anak tanpa sang anak ketahui.

  • Mengajak Anak Berbagi Cerita

Mengajak anak berbagai cerita bisa berupa ibu bercerita keseharian, atau anak bercerita keseharian. Ini bisa membantu anak menjadi lebih dekat dan terbuka dengan sang ibu.

  • Memberi Hiburan dan Dukungan

Pasti akan ada situasi dimana anak merasa tertekan, sedih, atau terpuruk. Memberi hiburan dan dukungan pada waktu ini sangat efektif membuat anak merasa dekat dengan ibu.

  • Tidak Memberi Tekanan dan Tuntutan Berlebih

Para ibu pasti memiliki harapan yang ingin ditanamkan pada anak. Namun, memberi tekanan dan tuntutan berlebih akan memberi efek terbalik.

  • Pintar Melakukan Komunikasi

Menjaga kedekatan dengan anak perlu pintar dalam komunikasi. Ibu perlu tahu kapan waktu marah, kapan waktu lembut, kapan waktu untuk obrolan tidak serius.

  • Pintar Menempatkan Diri

Seperti yang dibilang, tuntutan, harapan, dan tekanan memang perlu ditanamkan pada anak. Namun harus pada waktu yang tepat dan tidak selalu berfokus pada ini. Ibu perlu tahu kapan harus memberi kelembutan, menenangkan, memberi perhatian, dan kapan perlu mendidik.

Demikian merupakan beberapa tips untuk membangun dan menjaga kedekatan ibu dan anak. Selain beberapa tips diatas, hal lain yang perlu diperhatikan adalah pendapat dari anak anda. Terkadang, ibu tidak selalu benar, dan anak tidak mesti melakukan kesalahan. Dalam hal berkaitan dengan anak itu sendiri, meminta pendapat dari anak sangat berguna menjaga kedekatan. Selain itu, ini juga bisa digunakan melatih anak mengambil keputusan, melihat problematika, dan mencari solousi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *