Pendidikan

Simaklah Tujuan Pendidikan yang Harus Diketahui

Sampai kapanpun pendidikan seselalu menjadi hal yang mesti dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Pada kesempatan sebelum telah diberikan kepada anda mengenai pengertian dari pendidikan. Sekarang akan dibagikan kepada anda mengenai tujuan pendidikan. Bedasarkan bangsa yunani yang mempunyai sejarah panjang. Tujuan pendidikan sendiri diartikan sebagai sebuah ketentraman. Bisa dikatakan dari hal tersebut bahwa pendidikan dibuat dan dihadirkan dalam kehidupan tidak lepas dari keinginan untuk menciptakan suasana yang damai dan tentram. Kalau anda melihat dari tujuan tersebut, tidak heran kalau kemudian banyak lembaga pendidikan yang bermunculan.

Hal ini menunjukan bahwa pendidikan menjadi sebuah kebutuhan. misalnya bimbel stan, meskipun hanya sekedar bimbel, akan tetapi fungsinya sangat pending dalam menciptakan generasi yang terbaik bagi masa depan.  Agar anda mempunyai pandangan tentang tujuan dari pendidikan. Beberapa tokoh mempunyai penjelasan yang berbeda tentang tujuan pendidikan ini. Bapak Pendidikan Indonesia, Ki Hajar Dewantara menyebutkan bahwa pendidikan tidka lain mempunyai tujuan untuk membentuk manusia sempurna di dalam kehidupanna baik secara individu maupun social kemasyarakatan. Lain lagi dengan pendapat dari John Dewey, di mana pendidikan bertujuan untuk menjadikan lingkungan masyarakat menjadi baik djauh dari berbagai konflik yang sering terjadi. Kalau berdasrkan undang-undang, juga terdapat tuuan pendidikan. Tujuan bedaskan UU tadi bahwa pemerintah berusaha untuk membuat ilmu dan teknologi semakin berkembang, guna mencapai tujuan akhir berupan pribadi yang berakhilak mulia.

blogpostedy.blogspot.com

Apa yang telah digambarkan mengenai tujuan pendidikan tadi dilihat seara umum. Anda perlu mengetahui itu agar bisa menjadi bahan intropeksi bahwa pendidikan penting dan jangan sampai keinggalan. Agama islam sendiri juga menaruh perhatian pada yang namanya pendidikan. Bahwa anda pepatah Islam yang mengatakan tuntuntah ilmu walau sampai kenegeri Cina. Tidak lain ini menjadi sebuah motivasi dalam kehidupan. Maksudnya, anda harus menuntut ilmu di mana berada bahkan sampai kapanpun. Selain itu, pendidikan juga tidak  hanya dikaitkan dengan sekolah saja. Itu hanya sebagian kecil.

Pendidikan yang paling terbaik bisa diperoleh dari pengalaman yang dilakukan. Lantaran dengan pengetahuan yang begitu luas dan taraf keilmuan yang tinggi akan diikuti dengan moral dan landasan dirinya baik. Anda tidak akan mendapatkan itu semua kalau hanya mengandalkan sekolah tanpa mendidiknya di luar sekolah. Jadi harus ada kesinambungan agar tujuan membentuk akhlak mulia sesuai dengan UU no 20 tahun 2013. Dampak baiknya ini bisa menjadi sebuah penerus di masa yang akan datang.

Inilah Beberapa Faktor yang Menentukan Tercapai Tidaknya Tujuan Pendidikan

Untuk mencapai tujuan dari pendidikan yang telah disebutkan tadi. Selanjutnya anda harus tahu tentang factor yang bisa menentukan tercapai tidaknya tujuan pendidikan. Beberapa factor yang akan diulas mempunyai keterkaitan satu sama lain. Jadi anda tidak harus melakukan kesinambungan antara factor yang akan dibutkan berikut. Pertama Pendidik (guru). Selain masalah pelakaran atau biadang studi yang dimiliki. Guru juga harus mempunyai mentalitas dan moral terbaik. Kedua, peserta didik, obyek pendidikan yang nantinya bisa mengarahkan pada tujuan pendidikan. Baik pendidikan formal atau non formal factor peserta didik akan berpengaruh terhadap kualitas dan prestasi yang diperoleh di dalam pendidikan. Tidak hanya itu saja, masih ada sarana dan prasarana menunjang atau tidak. Baru factor yang terakhir ialah factor lingkungan. Itulah beberapa factor yang bisa menjadi penentu tercapai tidaknya tujuan dari pendidikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *