Umum

Mengenal Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Kesehatan dan Keselamatan Kerja dikenal dengan nama K3, merupakan bidang yang berhubungan atau terkait dengan kesehatan, kesejahteraan, dan keselamatan semua manusia yang bekerja di sebuah lokasi proyek atau disebuah instansi. Selain melindungi pekerja, K3 juga melindungi keluarga pekerja, rekan kerja, konsumen, dan orang- orang yang terpengaruh atas kondisi lingkungan kerja. dengan adanya K3 maka pekerja yang bekerja didalamnya dipastikan dalam keadaan aman dan terlindungi. Didalam praktikknya K3 meliputi pencegahan, pemberian sanksi, kompensasi, perawatan, penyembuhan luka, juga menyediakan perawatan kesehatan jika cuti. Dalam K3 ini sangat terkait dengan bidang ilmu kesehatan kerja, teknik industry, teknik kimia, teknik keselamatan, fisika kesehatan, ergonomika, psikologi kesehatan kerja, dan psikologi organisasi.

dr.osha.com

Upaya K3 Dan 3 Prinsip Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Upaya keselamatan dan kesehatan kerja merupakan sebuah usaha penyerasian pada kemampuan, beban, dan lingkungan kerja, dengan tujuan agar pekerja tetap sehat dan aman tanpa adanya hal yang membahayakan dirinya selama bekerja. Dalam K3 ini meliputi hal- halberikut ini, satu kapasita kerja, kapasitas disini sama dengan kemampuan seseorang dalam melakukan beban pekerjaan. Dua, beban kerja, beban kerja yang sesuai dengan kemampuan akan membuat aman pekerja, namun beban kerja yang berlebihan akan membuat pekerja bermasalah. Ketiga, lingkungan kerja yang dibagi menjadi beberapa hal, seperti aspek fisika meliputi getaran, suhu, dan kebisingan, aspek kimia berupa bahan kimia yang ada ditempat kerja, aspek faal ergonomi, aspek psikososial atau stress dalam bekerja. Untuk prinsip dalam K3 yang penting untuk anda ketahui adalah berikut ini :

  • Stautus kesehatan oleh pekerja
  • Usaha kesehatan dan keselamatan kerja atau K3
  • Dan pengkajian bahaya potensi lingkungan kerja

Tujuan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja

Tujuan dari keselamatan dan kesehatan kerja adalah, satu melindungi tenaga kerja atas hak serta keselamatannya dalam melakukan pekerjaan untuk kesejahteraan hidup, juga meningkatkan kinerja, dua adalah menjamin keselamatan orang lain yang ada di tempat kerja. tiga, sumber produksi dipergunakan dan dipelihara dengan aman dan efisien. Ada banyak tempat kerja yang memiliki resiko kecelakaan yang sangat besar, salah satunya adalah tempat konstruksi. Oleh sebab itu ada banyak alat pelindung diri atau dikenal dengan nama APD yang harus digunakan. Untuk alat pelindung diri yang harus ada ditempat konstruksi antara lain, safety helmet, merupakan alat yang harus digunakan, memiliki fungsi untuk melindungi diri dari bahaya yang dapat mengenai bagian kepala pekerja. Selain itu untuk linkvazi baju wearpack linkvazi juga sangat disarankan digunakan saat bekerja dilapangan, dengan menggunakan wearpack maka anda bisa terhindar dari benda atau sesuatu yang mencelakakan. Alat pelindung diri lainnya yang harus ada antara lain masker, pelindung telinga, masker, penutup wajah, sepatu, kacamata, dan masih banyak lagi lainnya. Dalam bidang konstruksi kita tahu bahwa biasanya diawasi oleh manager proyek, arsitek proyek, dan insinyur desain. Sedangkan untuk pengawasan lapangan diserahkan untuk mandor proyek. Dan semuanya sudah ada dalam perencanaan terpadu. Dan pada dasarnya perencanaan terpadu didalamnya sudah tertulis terkait dengan pendanaan, ketersediaan alat pelindung diri, dampak lingkungan, ketersediaan material bangunan, persiapan dokumen atau tender, dan masih banyak lagi.  Dalam dunia kerja khususnya dalam bidang pekerjaan yang memiliki dampak bencana besar keberadaan K3 sangat penting dan dibutuhkan, dengan adanya K3 maka maka dampak kecelakaan bisa diminimalisir dan dicegah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *